Warning!

Khusus untuk dewasa. Bagi yang belum cukup umur, sok muna, alim atau tidak suka sex, jangan protes, silahkan tutup halaman ini sekarang juga. Tetapi bagi kamu yang gemar duduk-duduk menghabiskan waktu untuk melihat dunia yang asik-asik, silahkan dilanjuti...

Buruh Tuntut Upah Ump Naik 50 % + Pulsa Sms Rp.30.000/bulan

Diskusi di 'Debate' dimulai oleh benz_gelo, 20 Aug 2013.

  1. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    Tuntut Upah Naik 50% di 2014, Buruh Minta 'Jatah' Pulsa SMS Rp 30.000/Bulan
    Suhendra - detikfinance
    Selasa, 20/08/2013 11:54 WIB
    [​IMG]
    [​IMG]
    Jakarta - Pro kontra soal skema dan besaran penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2014 sudah mulai terjadi. Pemerintah, pengusaha, dan buruh masing-masing punya usulan terkait kenaikan upah tahun depan.

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, serikat pekerja mengusulkan kenaikan UMP tahun depan capai 50%. Pihaknya menolak gagasan kenaikan UMP yang diusung pemerintah dan pengusaha yang mengedepankan kemampuan industri padat karya. Buruh berpatokan, UMP ditentukan oleh penambahan komponen kebutuhan kehidupan layak (KHL).

    Iqbal mengatakan, saat ini pemerintah hanya menggunakan 60 komponen dalam menetapkan KHL. Sementara itu, tahun depan serikat pekerja mengusulkan ada tambahan KHL hingga 84 komponen. Ia mencontohkan komponen baru itu antara lain, alokasi upah untuk uang pulsa untuk SMS Rp 30.000/bulan, dan komponen lainnya.

    "Tahun depan kita usulkan ada 84 item, sekarang ini masih 60. Kalau 60 nggak pakai pulsa untuk SMS Rp 30.000/bulan, padahal sekarang ini pulsa kebutuhan mendasar," kata Iqbal kepada detikFinance, Selasa (20/8/2013)

    Iqbal menambahkan, setidaknya ada 4 alasan yang membuat serikat pekerja/buruh ngotot ada kenaikan UMP 50% tahun depan. Berikut ini alasannya:

    1. Buruh menolak kenaikan UMP hanya sebesar inflasi atau di bawah 20% seperti yang diusulkan Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi. Alasannya, hasil survei terbaru forum buruh di DKI Jakarta KHL di Jakarta mencapai Rp 3,7 juta/bulan sedangkan UMP di Jakarta kini masih Rp 2,2 juta/bulan

    "Survei ini dilakukan pasca Lebaran, pasca BBM naik, saat Lebaran, kenaikan harga barang. Selama ini pemerintah unfair karena efek Lebaran dan Natal tak dihitung," tegas Iqbal.

    2. Menurut buruh, kenaikan harga BBM mengurangi daya beli hingga turun 30%. Angka itu belum dihitung dari inflasi tahun ini yang diperkirakan mencapai 10%, juga belum dihitung asumsi pertumbuhan ekonomi di atas 6%.

    "Itulah kenapa kita mengajukan 50% kenaikan UMP 2014. Ini masih bisa negosiasi di dewan pengupahan," katanya

    3. Mereka berpegang pada komitmen pemerintah seperti yang disampaikan pada pidato kenegaraan Presiden SBY yang mengatakan Indonesia masih menjadi tujuan investasi, pemerintah Indonesia tak lagi menganut kebijakan upah buruh murah dan mendorong meningkatkan daya beli masyarakat Indonesia.

    "Kenaikan UMP 2014 menjadi penting, bahkan beliau (SBY) menyampaikan. Kita memasuki negara dengan pendapatan menengah, beliau mengatakan US$ 5.000 /tahun atau rata-rata per bulan Rp 4,2 juta," katanya.

    4. Mereka juga menolak pemikiran pemerintah yang menjadikan industri padat karya sebagai alasan, bahwa penetapan upah tak bisa naik tinggi karena harus mengikuti kemampuan industri padat karya.

    "Padahal UMP itu kan berbeda-beda. Kalau mau murah pindah ke daerah Sukabumi, Kendal yang hanya Rp 980.000, masih di bawah Vietnam, dan Kamboja, artinya industri padat karya kita bisa bersaing. Jadi tugas pemerintah membangun infrastruktur, seperti jalan tol Sukabumi," katanya.

    "Serikat buruh akan terus bergerak memperjuangkan kenaikan upah 50% serta akan melakukan aksi serempak bergelombang pada tanggal 3,4,5,6,7 September 2013, yang puncaknya pada mogok nasional di bulan Oktober atau November 2013," ujarnya.
     
    Candiwalang likes this.
  2. atoen

    atoen Mania

    :( semakin berat aaja berusha dinegei ini; mending jadi wirausaha aja daripada tetp jadi kuli orang lain
     
  3. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    sdh tidak cocok buka industri yg menggunakan tenaga buruh banyak sekarang.
    soalnya nanti buruh akan menuntut dapat jatah iphone 5S,bb Z10 atau samsung S4,ipad atau modem unlimited,
    tv cable,uang belanja rumah tangga,sampai minta jatah apartement,bs jd mimpi buruk buat owner :-SS
     
    Candiwalang likes this.
  4. Minkalimin

    Minkalimin Senior

    tahun 2015 buruh demo minta tambahan 1 komponen yaitu angsuran mobil, krn sudah merupakan kebutuhan dasar...
    saat nanti para investor kabur baru deh kelabakan..UMR DI OBRAL
     
  5. Candiwalang

    Candiwalang Penjaga kubur (lagi)

    Mo sejahtera koq jadi buruh...?
    Kenapa kagak punya nyali berusaha sendiri...?
    Pengusaha klo ga mampu bayar UMR..
    Alternatifnya sederhana..
    Tutup usaha...
    Relokasi...
    Ganti usaha padat modal.....;)
     
    atoen and benz_gelo like this.
  6. co_casanova

    co_casanova Senior

    Meski g tau itung2an tapi paling tidak kesejahteraan buruh harus meningkat dan saya dukung aksi2 mereka sepanjang tidak anarkis.
    Jangan sampe hanya menguntungkan pengusaha dan pemerintah sedangkan buruh tetap miskin dan melarat. Padahal pengusaha menjadi kayak karena ada buruh. Harusnya simbiosis mutualisma. Kalo tidak mampu bayar buruh dengan layak mending urusin sendiri tuh pabriknya :D:D
     
  7. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    ente buka pabrik dong,gw mau dong kerja disana.
     
  8. Candiwalang

    Candiwalang Penjaga kubur (lagi)

    Klo mo jujur sebenarnya buruh mesti berusaha memiliki ketrampilan lebih/kompetensi agar punya daya tawar yang lebih dalam soal upah /gaji.
    Lha ini sekarang yang terjadi,buruh pendidikan seadanya,produktifitas seadanya, ketrampilan khusus nyaris tak ada...
    namun ngotot mo kerja nyaman dengan gaji tinggi...:mad:
    uenakkk tenan....!!!!:||
    klo gitu semua pegusaha berhenti usaha aj...:-SS
    liat siapa yg sanggup jadi pengusaha...? minta kerja aj ama pemerintah....:-SS
     
  9. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    ini trik dr pemprov DKI yg awal thn lalu menyetujui UMP DKI thn 2013 sebesar 2,2 jt,ternyata pabrik2 masih ada yg mampu.maka dihembuskan lagi kalau thn depan bakalan naik 3,5 jt yg secara hitungan dr mana juga tidak akan masuk.analisa sy,itu trik pemprov DKI utk dorong seluruh industri yg ada di DKI utk keluar,karena tidak mungkin dong diusir,mereka sdh ada ijin loh.
    kalau ada yg masih mampu,thn 2015 naikkan lagi UMP menjadi 5,5 jt dan seterusnya.
    buruh2 pada senang,sebetulnya mereka dimanfaatkan yg nantinya setelah pabrik2 hengkang mereka akan jadi pengangguran,balik ke kampung.Jakarta bebas Pabrik,bebas demo buruh,pendatang berkurang,buruh2 pulang kampung.very smart Jokowi Ahok.
     
    atoen, s4suk3 and bc1_1bc like this.
  10. bc1_1bc

    bc1_1bc Junior Staff Member

    Contoh nyata yang ada disekitar gw dan setiap hari gw liat...
    Kantor gw masuk jam 8.30 pulang jam 17.00.

    Setiap pagi datangnya bisa jam 8.30 lewat... Dan lebih parahnya bukannya langsung kerja,duduk ngobrol,bikin kopi dolo,ngerokok,etc. Nah siang2 jam kerja sibuk sendiri,pura2 bersih2 sampah... Jam 17.00 blm tiba masih kurang 10 or 15menit,udah siap pulang,tenteng helm,pake jaket nunggu didepan mesin absen...

    Cerita nyata
    Ada TKI kerja di negri sebrang,dy bagian cuci piring di restoran... Ada satu temannya orang china... Setiap hari org china datangnya paling pagi dan pulangnya paling malam.
    Suatu hari TKI tanya ke org china itu:

    "kok lo segitu kerasnya si bekerja? Toh gaji kita kecil,dan porsi kerja kita gak akan ditambah lebih besar (maksudnya ya buat apa lo kerja keras,lo gak bakal jadi manager)."

    Lalu org china itu bilang ke TKI"Justru karena gaji kecil makanya gw harus kerja lebih rajin lagi,bukan tunggu gaji gw gede gw baru mau rajin"
     
  11. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    akan terjadi seleksi alam,mana yg rajin dan ulet akan tetap survive,yg kerjanya hanya asal datang bakalan terpinggirkan.dengan naiknya UMP otomatis akan terjadi effisiensi termasuk karyawan,siap2 gelombang PHK .
    buruh tuntut Upah tinggi,pengusaha juga tuntut qualitas kerja,kalau tidak qualified ya maaf2 saja silahkan out.
     
    atoen, Candiwalang and bc1_1bc like this.
  12. atoen

    atoen Mania

    btw gak kersa siggy ane ilang :((
     
  13. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    oh iya sejak di upgrade 17 agustus kemarin,semua siggy ikut kehapus,mohon dimaaf,terhapus karena system.
    buat lagi saja yg baru bro.;)
     
  14. atoen

    atoen Mania

    belom level om kudu lebihaktif lagi bikin trit :D
     
  15. Richman77

    Richman77 Junior

    Kalau pendapat saya, yang justru harus di khawatirkan adalah efek dominonya, gaji umr naik 50 %, maka semua harga barang dan biaya pasti akan ikut, kalo gt caranya maka acuan KHL pasti ikut naik terus sedangkan dari pabrik produktifitas nga naik, cost production ikutan naik , karena mahal penjualan barang juga (belum tentu) nga naik -kalah dengan barang impor- akhirnya pabrik tutup, buruh di phk malah jadi tambah repot.

    mungkin ada baiknya 'kran' import barang jadi di tutup aja jadi barang produksi dalam negeri bisa berkembang.
     
    bc1_1bc likes this.
  16. bc1_1bc

    bc1_1bc Junior Staff Member


    Betul bro.. Kalau sudah begini pasti semua akan naik... Duit udah inlfasi...
    BBM naik ditambah lagi krisis melanda...
    Lengkap sudah...
     
  17. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    mana bisa kran import ditutup,bisa di boikot kita dr perdagangan dunia.
    tujuannya sdh jelas banget seperti cewe sdh buka cd keliatan meqinya,mau usir pabrik2 keluar dari DKI secara halus.
    ketua KSPI sdh di iming2 sophia lacuba sama tamara blezenzki :-SS
     
  18. desireman222

    desireman222 Elite

    buruh mau gaji lebih ?
    buka usaha sendiri aja..
    dijamin kinclong deh..
     
  19. Richman77

    Richman77 Junior

    ya import yang di tutup itu selected item, jgn semua di tutup, yang bisa di produksi dalam negeri ya jgn di import, tapi kalo yang memang nga bisa di produksi ya terpaksa diimport.
     
  20. benz_gelo

    benz_gelo Elite

    masalahnya buanyak sekali yg tidak bisa diproduksi didalam negri,contohnya beras saja kita masih import,padahal utk bikin beras tdk perlu tehnology tinggi,kacang kedelai,bawang,sapi, dan banyak lagi bro,jadi yg mana yg mau di stop ?
     

Share This Page

Something Useful About Us