Warning!

Khusus untuk dewasa. Bagi yang belum cukup umur, sok muna, alim atau tidak suka sex, jangan protes, silahkan tutup halaman ini sekarang juga. Tetapi bagi kamu yang gemar duduk-duduk menghabiskan waktu untuk melihat dunia yang asik-asik, silahkan dilanjuti...

(pic) Soerabaia Tempoe Doeloe

Diskusi di 'Did you know?' dimulai oleh pecunlover, 19 Sep 2007.

  1. pecunlover
    Offline

    pecunlover Senior

    Joined:
    16 Feb 2007
    Pesan:
    1.918
    Likes Yg Diperoleh:
    295
    SOERABAIA...Salah satu kota yang banyak menyumbangkan kisah-kisah heroik pada jaman penjajahan...

    Silahkan dinikmati suasana Jadulnya ;) (Sori nih ga bisa kasih yg gede, upload di kompi gw lambreta :( )
  2. xsa_gax
    Offline

    xsa_gax Senior

    Joined:
    9 May 2007
    Pesan:
    1.222
    Likes Yg Diperoleh:
    166
    bener - bener jadul nih photo :D
    sangking jadulnya mungkin photo ini dibuat pas bapak aq masih bocah nih :))
  3. pecunlover
    Offline

    pecunlover Senior

    Joined:
    16 Feb 2007
    Pesan:
    1.918
    Likes Yg Diperoleh:
    295
    Hehe..kayaknya bokap lo yg lagi nongkrong di Juanda (pic no.1) :D
  4. wee77
    Offline

    wee77 Mania

    Joined:
    11 Jan 2007
    Pesan:
    437
    Likes Yg Diperoleh:
    13
    mengingat masa-masa classic.....

    sudah jarang nih foto-foto seperti itu kalau masih ada yang

    asli... harus di simpen di tempat yang aman....
  5. xsa_gax
    Offline

    xsa_gax Senior

    Joined:
    9 May 2007
    Pesan:
    1.222
    Likes Yg Diperoleh:
    166
    kata bapak wa yang pake topi itu loe bro :D
    beraarti loe da tuwir dong bro =))
  6. Billy King
    Offline

    Billy King Newbie

    Joined:
    10 Sep 2007
    Pesan:
    122
    Likes Yg Diperoleh:
    5
    Cak! SuRaBaYa taon PiRo???

    =))
  7. [homo-hunter]
    Offline

    [homo-hunter] Senior

    Joined:
    23 Jul 2007
    Pesan:
    1.567
    Likes Yg Diperoleh:
    354
    poto tahun berapa ya bro ????????
  8. snowman
    Offline

    snowman Mania

    Joined:
    21 Feb 2007
    Pesan:
    613
    Likes Yg Diperoleh:
    11
    wah fantastis juga picture-nya...koleksi yg bagus bro.......=p~
  9. pecunlover
    Offline

    pecunlover Senior

    Joined:
    16 Feb 2007
    Pesan:
    1.918
    Likes Yg Diperoleh:
    295
    Soerabaja tempoe doeloe

    Untuk menyambut hari Pahlawan yang merupakan suatu momentum semangat kepahlawanan dari Surabaya.

    Ane merupakan pendatang yang sangat mencintai kota ini mau berbagi suasana jadul di SOERABAJA TEMPOE DOELOE ini...

    1. Toegoe Pahlawan

    [​IMG]


    2. Jalan Toenjongan
    (arah Simphony :D:D)

    [​IMG]


    3. Gedoeng Aurora (SIOLA)

    [​IMG]


    4. Bandara Djuanda

    [​IMG]


    5. Emong Matjan

    [​IMG]


    6. Jembatan Kota Praja (Jl. Yos Sudarso)

    [​IMG]


    7. Kembang Djepoon

    [​IMG]


    8. Jl. Yos Sudarso

    [​IMG]


    9. Kantor Gubernur

    [​IMG]

    [​IMG]


    10. Kantor Pos Besar

    [​IMG]


    11. Masjid Kemajoran

    [​IMG]


    12. Pasar Toeri

    [​IMG]


    13. Station Goebeng

    [​IMG]


    14. Blauran

    [​IMG]


    15. Viadoek Tugu Pahlawan

    [​IMG]


  10. pecunlover
    Offline

    pecunlover Senior

    Joined:
    16 Feb 2007
    Pesan:
    1.918
    Likes Yg Diperoleh:
    295
    Foto dan sejarah singkat Soerabaia

    [​IMG]


    -. Foto ini diambil tahun 1920-an. Tempat ibadah klenteng selalu terletak di daerah pecinan. Jalan Coklat dan Jalan Slompretan adalah daerah Pecinan di Surabaya. Tampak Bangunan Klenteng tersebut makin lama makin tenggelam dengan didirikannya bangunan modern di sekitarnya.




    [​IMG]

    -. Foto ini diambil sekitar tahun 1927-an, tampak tempat parkir di daerah Jalan Kembang Jepun yang dipenuhi dengan mobil kuno, tepat di mulut Jembatan Merah masih terdapat Gedung Residen Surabaya, yang nantinya baru dibongkar sekitar tahun 1930-an, tampak pada foto ini alat transportasi seperti: mobil, dokar, pedati, serta gerobak pada tahun 1930-an masih digunakan bersama-sama di Jalan Kembang Jepun.


    [​IMG]

    -. Di tahun 1925 Kota Surabaya mulai tumbuh sebagai kota perdagangan dengan alat-alat transportasi yang modern seperti mobil, tram, dan sebagainya, yang pada waktu itu merupakan barang baru. Tampak pada foto alat transportasi modern seperti: tram dan mobil sudah mulai memenuhi jalan-jalan di Kota Surabaya waktu itu.



    [​IMG]

    -. Foto ini diambil pada tahun 1920-an di Jalan Pahlawan Surabaya. Tampak Kota Surabaya pada awal tahun 1920-an yang tumbuh sebagai kota modern yang belum siap menampung suatu perubahan baru. Tampak pemandangan yang di atas dengan adanya alat transportasi baru seperti tram listrik, mobil, pedati, dokar gerobak, becak dan sebagainya.



    [​IMG]

    -. Foto ini diambil pada tahun 1905-an. Gedung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1878. Bertepatan dengan dibukanya Jalur Kereta Api Surabaya-Malang. Karena adanya tambahan Jurusan Surabaya-Batavia pada tanggal 11 Nopember 1911, maka gedung tersebut ditambah dengan gedung baru disampingnya. Sampai sekarang stasiun tersebut masih berfungsi dengan baik.


    [​IMG]

    -. Jembatan Merah adalah jembatan yang paling terkenal di Surabaya. Fungsi dari jembatan ini adalah menghubungkan daerah sebelah Barat Kalimas, yang dulu diperuntukkan bagi Orang Eropa (Europeesche Wijk), dengan daerah sebelah Timur Kalimas yang dulu menjadi daerah pemukiman Orang Cina (Pecinan), Orang Arab (Arabische Kamp), dan daerah Orang Melayu. Tepat di mulut jembatan tersebut sampai tahun 1925-an terdapat gedung residen yang merupakan pusat pemerintahan Kota Surabaya waktu itu. Sehingga Jembatan Merah menjadi tempat yang sangat ramai pada jamannya. Bahkan namanya sangat melegenda sampai sekarang.



    [​IMG]

    -. Radio Republik Indonesia th 1977


    [​IMG]

    -. Foto ini menunjukkan pintu masuk utama rumah sakit umum Jalan Simpang (sekarang Jalan Pemuda), Surabaya. Rumah sakit ini dibangun sebelum tahun 1900. Setelah kemerdekaan rumah sakit ini dinamakan RS. DR. Sutomo. Kemudian dipindahkan ke Jalan Dharma Husada. Setelah itu rumah sakit umum di Jalan Pemuda tersebut diratakan dengan tanah. Diatasnya dibangun komplek pertokoan Surabaya Delta Plaza.

    [​IMG]

    -. Foto ini diambil pada tahun 1925-an. Jalan Veteran dulu bernama Societetit Straat, karena di jalan tersebut dulu terdapat Gedung Societetit Concordia (gedung pertemuan yang terkenal bagi masyarakat Belanda waktu itu). Jalan Veteran adalah jalan utama yang menghubungkan antara daerah perdagangan di sekitar jembatan merah dan daerah perumahan kota atas (Bovenstad), seperti daerah sawahan, darmo, ketabang, gubeng dan lain sebagainya. Karena fungsinya sebagai jalan penghubung maka daerah tersebut ramai dibangun perkantoran. Tampak jalan tram juga melewati daerah tersebut.



    [​IMG]

    -. Sampai tahun 1910-an daerah pemukiman di Surabaya masih dibagi menurut kelompok etnis. Seperti daerah Orang Eropa (Europeesche Wijk). Daerah Orang Cina (Chineese Wijk) atau daerah Orang Arab (Arabische Wijk) atau Kampung Arab. Foto ini yang diambil tahun 1920-an, adalah daerah kampung Arab di kota bawah (Benedenstad). Tampak dalam foto sebuah menara mesjid yang ada di sana.



    [​IMG]

    -. Klenteng tersebut sudah ada pada tahun 1920-an munculnya klenteng tersebut sebagai akibat makin meluasnya daerah Pecinan di Surabaya yang dulunya ada di sekitar Jalan Kembang Jepun, Slompretan, Jalan Coklat dan sekitarnya, ke arah Timur Surabaya. Yaitu di sekitar daerah Kapasan, Surabaya. Daerah Pemukiman Cina yang dulu oleh orang Belanda disebut sebagai Chineese Kamp sudah ada sebelum Belanda datang ke Surabaya.



    [​IMG]

    -.Foto ini adalah foto toko Siola, toko Siola dulu adalah toko serba ada Inggris yang bernama Whiteway. Pada tahun 1940-an dipakai untuk menjual barang-barang yang didatangkan dari Jepang namanya Toko Chiyoda. Meskipun mengalami beberapa kali ganti wajah depannya. Sekarang toko Siola masih merupakan landmark bagi lingkungan di sekitar Jalan Tunjungan.

    [​IMG]

    -. Foto ini di persimpangan Jalan Tunjungan dan Jalan Embong Malang, Surabaya, yang diambil pada tahun 1925-an. Tampak pada gambar gedung agen kendaraaan roda empat (mobil). Gedung tersebut kemudian dibongkar dan diatasnya didirikan Toko Nam. Pada tahun 1990-an Toko Nam juga tamat riwayatnya.



    [​IMG]

    -. Foto ini diambil pada tahun 1930-an. Pemandangan dari udara kesibukan kapal-kapal yang berlabuh di tepi Kalimas, Surabaya. Pada tahun 1909 diputuskan untuk membangun pelabuhan besar di Surabaya supaya kapal-kapal bisa merapat langsung ke dermaga. Pelabuhan tersebut dinamakan Tanjungperak.



  11. sweet pussy
    Offline

    sweet pussy Senior+

    Joined:
    23 Aug 2007
    Pesan:
    2.471
    Likes Yg Diperoleh:
    771
    wa abang hebat.. walaupun dah pindah ternyata abang bener2 cinta surabaya dech TOP ^:)^

    ;))
  12. T9
    Offline

    T9 Senior

    Joined:
    14 May 2007
    Pesan:
    1.959
    Likes Yg Diperoleh:
    440
    Teroeskan Perdjoangan Moe Bro... Merdeka Atoe Mati... Merdeka....!!!!!!
  13. XYakuza
    Offline

    XYakuza Senior+

    Joined:
    19 May 2007
    Pesan:
    2.298
    Likes Yg Diperoleh:
    451
    wah,,,,,,,,,, salut.salut ama bro satu ini....dilkeluarin ampe entek koleksi ne ,sing kanggo pameran wingi.
  14. haryo sabri
    Offline

    haryo sabri Senior+

    Joined:
    8 Jul 2007
    Pesan:
    5.596
    Likes Yg Diperoleh:
    1.473
    ini baru sebagian kecil dari koleksinya Cak Pecun....................
  15. Gundalgandul
    Offline

    Gundalgandul Senior+

    Joined:
    15 Mar 2007
    Pesan:
    1.914
    Likes Yg Diperoleh:
    267
    salut sama pecunlovers oey
  16. goldsaphiron
    Offline

    goldsaphiron Junior

    Joined:
    14 Dec 2006
    Pesan:
    55
    Likes Yg Diperoleh:
    4
    Semangat!!!!!

    terakhir kali lihat foto2 kyk gini di museum kali ye...

    hebat bgt koleksinya....! jalan tunjungannya masi alus....sekarang aja...

    ehm....
  17. pufi134
    Offline

    pufi134 Junior

    Joined:
    23 May 2007
    Pesan:
    43
    Likes Yg Diperoleh:
    0
    salute deh buat bro pecun lover...., sbgai generasi penerus kita memang tidak bisa melupakan sejarah....

    BANGSA
  18. pufi134
    Offline

    pufi134 Junior

    Joined:
    23 May 2007
    Pesan:
    43
    Likes Yg Diperoleh:
    0
    salute deh buat bro pecun lover...., sbgai generasi penerus kita memang tidak bisa melupakan sejarah....

    BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PAHLAWNYA....
    JADIKANLAH SEJARAH SEBAGI GURU UNTUK MASA DEPANMU, HIDUP AREK 2SUROBOYO.....
    RAWE2 RANTAS MALANG2 TUNTAS....
    HIDOEP ATOE MATI...
  19. mo1or
    Offline

    mo1or Senior

    Joined:
    10 Jul 2007
    Pesan:
    822
    Likes Yg Diperoleh:
    29
    pecun oh pecun :D :D :D
  20. stef4n
    Offline

    stef4n Mania

    Joined:
    7 Jun 2007
    Pesan:
    547
    Likes Yg Diperoleh:
    49
    hebat bro.... =D> =D> salut..... database foto Soerabaja tempo doeloe 1x lagi =D> =D>
    ACI dech :D
    ^_^

Share This Page

Something Useful About Us